Ini Para Rider Favorit Juara di Musim 2017

JAKARTA – Musim balapan MotoGP 2017 memang baru akan bergulir bulan Maret mendatang. Tapi, di awal tahun ini sudah banyak yang memberikan prediksi mengenai para pebalap yang bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

Dirangkum dari berbagai sumber, persaingan tahun 2017 tampaknya masih akan didominasi pebalap lama. Nama seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi masih menjadi unggulan teratas dalam perebutan gelar.

Tapi, perlu diingat, persaingan tahun 2017 dipastikan berlangsung lebih ketat. Itu jika berkaca pada musim lalu dimana ada sembilan pebalap berbeda yang memenangi balapan dalam satu musim kompetisi. Meski, yang tampil sebagai juara tetap Marc Marquez.

Jadi tidak ada salahnya jika sedikit memberikan prediksi untuk para pebalap yang memiliki potensi juara.

Marc Marquez

Tentu saja pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez menjadi favorit juara paling atas. Meski performanya biasa saja musim lalu, tapi Marquez selalu tampil konsisten.

Masih berusia sangat muda, Marquez sudah membuat pening kepala rider top macam Rossi ataupun Lorenzo sejak kemunculan pertamanya di panggung MotoGP pada 2013 lalu. Apalagi, musim lalu taka da pbalap yang bisa menyaingi Marquez secara konstan.

Banyak terjatuh selama sesi latihan, tapi membuat Marquez melakukan sangat sedikit kesalahan saat race (hanya satu kali sebelum mengunci gelar juara, yakni di Le Mans).

Kedewasaan Marquez pun kian terlihat seiring berjalannya waktu. Ia tak lagi urakan seperti di musim 2015. Musim 2016 adalah musim pembangunan karakter yang harus dilewati setiap bintang besar, dan Marquez menguasainya dengan luar biasa.

Jorge Lorenzo

Meski sudah bergant tim, dari Movistar Yamaha ke Ducati, Jorge Lorenzo tetap memiliki kans kembali mendapatkan gelar juara yang musim lalu gagal dipertahankan.

Setelah meninggalkan Movistar Yamaha yang ia bela selama sembilan musim dengan tiga titel juara dunia, Jorge Lorenzo tentu punya berambisi untuk membuktikan dirinya sekali lagi, kali ini bersama Ducati Corse.

Lorenzo sendiri terlihat sangat nyaman dengan tim barunya saat melakukan pramusim di Valencia pada November 2016.

Valentino Rossi

Jangan lupakan pebalap kawakan Valentino Rossi. Meski usia sudah menginjak 37 tahun, Rossi tetap bisa bersaing dengan para juniornya. Apalagi pebalap Italia ini memiliki tujuan ini meraih gelar Grand Prix kesepuluh.

Itu bisa diwujudkan tahun ini. Dengan catatan, tampil tanpa cela. Sebabnya, musim lalu Rossi hanya finis di peringkat kedua karena sering melakukan kesalahan. Di posisi akhir, Rossi mengemas 249 poin, tertinggal 49 poin dari Marquez.

Meski sudah berusia 37 tahun, Rossi belum memberi sinyal bakal pensiun dari dunia balap. Tahun lalu dia malah memperpanjang kontraknya selama dua tahun bersama Tim Garpu Tala, yang berarti VR46 baru akan gantung helm pada akhir musim 2018.

Rossi jelas akan tampil dengan semangat berlipat ganda di musim ini. Ia masih mengincar gelar juara dunia yang terakhir kali ia rasakan pada 2009 silam.

No Comments

Leave your comment