Real Betis Nyaris Kalahkan Barcelona

SEVILLE – Sebuah kejutan hampir saja dibuat Real Betis dalam lanjutan La Liga pekan ke-20. Tepatnya saat berhadapan dengan Barcelona di Estadio Benito Villamarin, Minggu (29/1/2017) malam WIB.

Telah unggul terlebih dahulu, Betis gagal mempertahankan keunggulan setelah Barca memaksakan hasil imbang dengan skor 1-1.

Hasil imbang ini tentu saja sangat mengecewakan bagi Betis. Meski demikian mereka sukses naik satu tingkat ke peringkat ke-13 dengan jumlah 23 angka. Sementara, kans Barcelona terus mendekati Real Madrid di puncak kembali gagal. Ini merupakan hasil imbang keenam kalinya yang didapat pasukan Luis Enrique. Mereka kini bertengger di posisi kedua menggeser Sevilla dengan 42 poin.

Sejatinya, Betis bisa meraih kemenangan setelah permainan gemilang yang disuguhkan sepanjang laga. Apalagi Barca selalu gagal melesakkan gol, meski merekah sempat mencetak dua gol yang dilesakkantak kunjung disahkan wasit dan hakim garis

Menjamu Barca, Betis bermain efektif. Mereka banyak mengkreasikan peluang. Sayangnya, selain kurang akuratnya penyelesaian akhir, kiper Barca Marc-Andre ter Stegen tampil gemilang. Sementara, Barca hanya tercatat satu kali membuat peluang di menit ke-37 ketika sepakan Neymar dapat dihentikan kiper Antonio Adan.

Alhasil, babak pertama pun harus berakhir imbang dengan skor 0-0.

Memasuki interval kedua, Betis tetap tampil ngotot. Meski kalah penguasaan bola, skuat asuhan Victor Sanchez mampu memanfaatkan strategi serangan balik yang kerap membuat lini belakang Barca yang dikoordinir Gerard Pique kocar kacir.

Setelah berusaha, akhirnya tuan rumah mencetak gol pada menit ke-74. Dari tendangan sudut, Ter Stegen gagal meninju bola. Ryan Donk menyodorkan umpan kepada Alexander Alegria yang tanpa ampun melesakkan tendangan keras ke atas gawang Barca. Skor 1-0.

Barca tersengat. Dalam kurun dua menit terjadilah kontroversi ketika dua kali bola yang melewati garis gawang Betis tak dapat disahkan wasit dan hakim garis. Uniknya, kedua ‘gol’ tersebut dihalau pemain Betis yang sama, bek Aljazair, Aissa Mandi.

Di menit ke-81, sejatinya Betis pantas menambah keunggulan yang bisa menamatkan perlawanan Barca. Sayang, peluang emas Castro yang tinggal berhadapan dengan kiper Ter Stegen terbuang.

Usaha tim Katalan menyamakan skor akhirnya berbuah manis. Berawal dari blunder pemain pengganti Matias Nahuel di depan kotak penalti. Aksi dribelnya gagal. Bola mengalir ke kaki Messi yang kemudian menyodorkan terobosan pada Suarez. Lewat insting pembunuhnya, Suarez melepaskan tembakan mendatar ke pojok kiri gawang. Skor 1-1.

Susunan Pemain:

Betis (5-3-2):
Adan; Piccini, Mandi, Pezzella, Tosca, Durmisi; Pardo (Donk), Petros (KK, Rafael), Ceballos; Castro (KK), Alegria (Nahuel).

Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen; Vidal, Mathieu, Pique (KK), Digne (Alba); Denis Suarez (Gomez, KK), Rakitic, Turan (Sergi); Messi, Suarez, Neymar.

No Comments

Leave your comment