Tundukkan Kongo, Ghana Sabet Tiket Semifinal

OYEM – Salah satu tim favorit juara di Piala Afrika 2017, Ghana sukses menyabet tiket semifinal setelah menyingkirkan Demokratik Kongo. Bertanding di di Stade d’Oyem, Minggu (29/1/2017) malam waktu setempat atau Senin (30/1/2017) dini hari WIB, Ghana menyudahi perlawanan Kongo dengan skor 2-1.

Dua gol dari The Black Star dihasilkan oleh Jordan Ayew dan Andre Ayew. Sementara satu gol Kongo dicetak oleh Paul-Jose Mpoku. Di babak semifinal yang akan dilangsungkan di Stade de Franceville, Kamis (2/2/2017) Ghana akan berhadapan dengan Kamerun.

Pada babak pertama, Ghana langsung tampil ofensif. Banyak peluang yang dihasilkan namun belum menemui sasaran. Sebaliknya, Kongo yang nyaris membuka keunggulan jelang turun minum. Adalah striker Hull City, Dieumerci Mbokani yang tendangannya hanya membentur mistar gawang Ghana yang dikawal kiper Brimah Razak. Skor 0-0 pun bertahan hingga jeda.

Setelah rehat, The Black Star masih mendominasi. Tapi, mereka tampil lebih efektif jika dibandingkan babak pertama. Terbukti satu jam lebih tiga menit laga berjalan, papan skor berubah menjadi 1-0. Memanfaatkan kesalahan bek Kongo, gelandang Panathinaikos, Wakaso Mubarak memberikan umpan pada Jordan Ayew. Sepakan striker Aston Villa tersebut tak dapat diantisipasi kiper Ley Matampi. Skor 0-1 untuk Ghana.

Namun, lima menit kemudian, Kongo mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol spektakuler Paul-Jose Mpoku.

Laga tambah menarik. Memasuki menit ke-78, Ghana mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah gelandang Newcastle Christian Atsu dilanggar Joyce Lomalisa. Eksekusi Andre Ayew mampu mengelabui kiper Matampi. Skor 1-2 untuk Ghana.

No Comments

Leave your comment