Australia Terbuka 2017, Ini Target Djokovic

MELBOURNE – Novak Djokovic berambisi untuk mempertahankan gelar juaranya di Grand Slam Australia Terbuka untuk pembuktian jika dirinya masih bisa jadi yang terbaik setelah tahun lalu digusur oleh Andy Murray di peringkat satu dunia.

Selain itu, gelar juara di Melbourrne Park juga akan membuatnya mengulang sukses tahun 2013 dengan meraih gelar juara Australia terbuka ketiga beruntun. Saat itu, petenis yang akrab disapa Nole itu menjadi juara mulai tahun 2011 sampai 2013.

Sayang di Australia Terbuka 2014 langkahnya terhenti di perempatfinal. Namun ia kembali merajai Australia Terbuka dua tahun berikutnya dan kini, Nole berpeluang untuk meraih gelar di Melbourne Park tiga kali beruntun untuk kali kedua, atau yang ketujuh secara total.

Namun, kehilangan gelar rangking satu dunia membuat Nole kini bukan lagi sebagai unggulan pertama. Nole yang menempati unggulan kedua pun harus menghadapi Fernando Verdasco di babak pertama.

Nole sadar tantangan yang ia hadapi kali ini lebih berat dari dua tahun sebelumnya. Namun, bukan berarti dia tak berpeluang untuk menjadi juara.

“Saya tak bisa meniru dan mereplikasi apapun yang yang saya lakukan seperti tahun-tahun lalu, tapi bukan berarti saya tak bisa meraih hasil yang sama atau lebih baik,” kata Nole dilansir Sydney Morning Herald.

“Saya tak akan sebugar tahun 2015 dan 2016. Yang perlu saya kerjakan adalah menjaga kebugaran dan menantang diri saya sendiri dan mengambil pelajaran dari pengalaman lalu.

“Saya sudah menjadi orang yang baru karena siklus dalam hidup hari ini sudah sangat berbeda ketimbang yang sudah-sudah,” tutur dia.

Grans Slam Australia Terbuka akan dimulai 16 Januari ini dengan menggelar babak kualifikasi terlebih dahulu. Ajang itu akan ditutup pada 29 Januari.

Waspada
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, siap mempertahankan gelar Australia Open di tahun ini, meski akan menghadapi lawan tangguh di babak pertama. Hasil undian membawa Djokovic menerima tantangan cukup berat dari petenis asal Spanyol Fernando Verdasco di babak pertama.
Verdasco merupakan petenis berperingkat 42 ATP saat ini. Meski begitu, di babak pertama Australia Open 2016, secara mengejutkan Verdasco menumbangkan petenis unggulan yakni Rafael Nadal. Hingga akhirnya langkahnya terhenti di babak kedua.

Namun, bukan tidak mungkin momen tersebut bisa terulang lagi ketika Verdasco kembali bertemu pemain unggulan di babak pertama. Bisa saja keinginan Djokovic mempertahankan gelar juara untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut tahun ini bisa dihentikan.

“Semua orang ada di sini bukan untuk bertahan, tapi untuk mengejar gelar dan mencoba menang,” ungkap Djokovic, mengutip dari ESPN.

Sementara jika Djokovic berhasil lolos ke babak kedua, langkahnya diprediksi akan berjalan mulus hingga babak keempat dan kemungkinan bertemu unggulan ke-15, Grigor Dimitrov. Pemain asal Bulgaria itu pada awal tahun ini sudah meraih gelar Brisbane Internasional 2017.

No Comments

Leave your comment