Roger Federer Tak Masalah Bukan Menjadi Unggulan Teratas di Australia Terbuka 2017

MELBOURNE – Petenis flamboyan, Roger Federer dipastikan akan turun dalam turnamen bergengsi Australia Terbuka 2017. Namun, Federer tidak masuk dalam daftar unggulan teratas.

Petenis asal Swiss itu hanya berada di posisi unggulan ke-17 dalam turnamen tahunan tersebut. Kendati demikian, Federer mengaku tak masalah. Dirinya hanya ingin fokus bertanding di Australia.

Sebagai unggulan ke-17 di Australia Terbuka 2017, Federer berpotensi bertemu petenis-petenis tangguh lain di babak-babak awal. Federer absen dalam enam bulan terakhir tahun 2016 akibat cedera. Petenis Swiss itu pun terpaksa melewatkan sejumlah turnamen penting.

Oleh karena itulah, peringkat Federer ikut melorot. Dia sekarang berada di posisi ke-17 dalam peringkat ATP, posisi terendahnya sejak 2001.

“Saya harap itu tidak akan jadi masalah bagi saya, karena saya bermain sangat bagus sehingga tak masalah siapa yang akan saya hadapi,” ujar Federer kepada CNN.

“Mungkin malah lebih baik menghadapi petenis-petenis yang lebih tangguh lebih awal karena saya mungkin punya lebih banyak energi tersisa. Ini adalah pertanyaan terbuka … berapa banyak energi tersisa yang saya miliki dalam sebuah pertandingan dengan format best of five set atau setelah banyak pertandingan berat secara beruntun?” imbuhnya.

“Saya berharap para petenis lain akan mengikuti undian ini dan berpikir ‘Oh, saya berharap unggulan nomor 17 tak akan masuk bagian saya’, daripada saya berpikir bahwa saya yang berharap tidak akan masuk bagian mereka,” kata Federer.

Federer, 35 tahun, telah empat kali menjuarai Australia Terbuka di sepanjang kariernya. Tapi, terakhir kali dia juara di Melbourne adalah pada 2010.

Australia Terbuka akan dimulai pada 16 Januari di Melbourne. Para petenis papan atas dunia dipastikan akan mengikuti satu-satunya turnamen Grand Slam di kawasan Asia Pasifik tersebut.

No Comments

Leave your comment