Sekelumit Sejarah Olahraga Tenis Dunia

LONDON – Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara 2 orang atau 2 pasangan yang masing-masing terdiri dari 2 orang, menggunakan raket untuk memukul bola karet bertujuan untuk memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut. Tenis bisa dimainkan didalam maupun diluar ruangan.

Olahraga Tenis adalah salah satu olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade dan dapat dimainkan oleh pemain dari segala usia. Permainan tenis modern berasal dari Birmingham – Inggris, pada akhir abad ke 19 yang disebut dengan “tenis lapangan rumput”

Sejarah Asal Usul Tenis
Sejarah atau asal usul tenis masih menjadi perdebatan. Sebagian pendapat menyatakan bahwa Mesir, Yunani dan Romawi Kuno, telah memainkan permainan yang merupakan cikal bakal dan asal usul tenis ini. Namun demikian bukti-bukti otentik yang berupa gambar atau tulisan belum diketemukan untuk mendukung pendapat ini. Satu-satunya bukti adalah adanya kosakata berbahasa Arab yang berasal dari Mesir Kuno dinyatakan sebagai bukti, dimana bahwa kata Tenis berasal dari nama sebuah kota di Mesir, Tinnis. Sedangkan kata Raket, dikembangkan dari kata bahasa Arab yaitu Rahat (Tangan)

Sebagian besar sejarawan meyakini asal mula tenis adalah permainan kuno yang dimainkan di bagian utara Perancis pada abad ke-12. Permainan itu dilakukan dengan memukul bola menggunakan telapak tangan yang disebut dengan jeu de paume (“permainan telapak tangan”).

Louis X tercatat sebagai orang yang membangun lapangan tenis didalam ruangan yang pertamakali dibangun di Paris sekitar akhir abad 13. Penggunaan raket mulai dilakukan pada abad ke-16 dan permainannya mulai disebut “tenis”, yang berasal dari istilah dalam bahasa Perancis lama tenez, yang dapat diartikan “tahan!”, “terima!”, atau “ambil!”

Tenis Modern
Pada abad 19 barulah tenis dimunculkan kembali oleh para bangsawan Inggris dengan membangun fasilitas-fasilitas country club atau lapangan tenis di rumahnya yang besar. Karena pada waktu itu tenis populer dimainkan di halaman rumput, maka terkenal dengan sebutan ‘Lawn Tennis’ atau tenis lapangan rumput. Pada masa ini juga mulai muncul bola dari karet vulkanisir yang pada waktu itu dianggap dapat mengurangi rusaknya rumput di lapangan tanpa mengurangi elastisitas dari bola itu sendiri.


Raket bersenar diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15 oleh Antonio da Scalo, seorang pastur berbangsa Italia. Ia menulis aturan umum bagi semua permainan yang menggunakan bola, termasuk tenis. Majalah Inggris “Sporting Magazine” menamakan permainan ini sebagai ‘tenis lapangan’ (lawn tennis). Dalam buku “Book of Games And Sports”, yang diterbitkan dalam tahun 1801, disebut sebagai “tenis panjang”. Tenis pada mulanya merupakan permainan masyarakat kelas atas. Tenis lapangan rumput yang terkenal pada zaman Ratu Victoria lalu ditiru oleh golongan menengah, yang menjadikannya sebagai permainan biasa.

Klub tenis pertama yang didirikan adalah Leamington di Perancis oleh J.B. Perera, Harry Gem, Dr. Frederick Haynes, dan Dr. Arthur Tompkins pada tahun 1872. Pada masa itu, tenis disebut sebagai pelota atau lawn rackets. Dalam tahun 1874 permainan tenis telah pertama kali dimainkan di Amerika Serikat oleh Dr. James Dwight dan F.R. Sears. Sementara itu, All England Croquet Club pun telah didirikan pada tahun 1868. Dua tahun setelah itu dibukalah kantornya di Jalan Worple, Wimbledon. Pada tahun 1875, klub ini juga bersedia memperuntukkan sebagian dari lahannya untuk permainan tenis dan badminton. Sehubungan dengan itu, peraturan permainan tenis lapangan rumput ditulis. Amerika Serikat mendirikan klub tenis yang pertama di Staten Island. Bermula dari situlah, permainan tenis di Amerika Serikat berkembang dengan pesat sekali. Dari sana lahir banyak pemain tenis tangguh yang menguasai percaturan tenis tingkat dunia.

Kejuaraan tenis pertama bermula tahun 1877. Sampai dengan saat ini, ada beberapa turnamen tenis yang terkenal:
Piala Davis
Wimbledon (atau All-England)
Perancis Terbuka (atau Roland Garros)
AS Terbuka
Australia Terbuka

Adapun Induk Organisasi Tenis internasional adalah International Tennis Federation.

No Comments

Leave your comment